Persiapan Pemda KLU Jelang STQ Tingkat Kabupaten

Administrator 07 April 2016 14:48:55 WIB

Untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an Pertama (STQ I) Tingkat Kabupaten Lombok Utara, yang direncanakan mulai di gelar pada minggu ketiga bulan Mei 2016 mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara bertempat di aula Kantor Bupati setempat menggelar rapat persiapan, Rabu (06/04).

 

Hadir dalam pertemuan tersebut, selain Sekda Drs. Suardi, MH., Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara Dr. Muallip, M.Pd, hadir pula Asisten II (Ir. Melta) dan III (Drs. H. Zulfadli) serta seluruh anggota panitia STQ I.

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara Drs. H. Suardi, MH., dalam arahannya mengatakan, pelaksanaan STQ ini merupakan untuk pertama kalinya di selenggarakan di daerah ini. Disamping itu, di gelarnya rapat persiapan ini, karena penyelenggaraan STQ untuk tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat September 2016 mendatang, juga digelar di Kabupaten Lombok Utara. Untuk itu, Sekda Suardi minta keterlibatan seluruh anggota panitia agar bisa melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing sesuai dengan yang ada di SK. Sekda Suardi juga menyebut, karena ini merupakan kegiatan pra STQ Provinsi, maka pelaksanaan STQ Pertama di KLU harus benar-benar sukses.

 

Dikatakan, pelaksanaan STQ yang pertama ini bisa lebih semarak dan lebih baik kualitasnya di banding STQ ataupun MTQ pada tahun – tahun sebelumnya, pasalnya menurut Sekda, STQ kali ini juga sebagai persiapan pada pelaksanaan STQ Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat yang direncanakan bulan September tahun ini, yang juga di helat di Kabupaten Lombok Utara.

 

“Saya berharap STQ ini bisa lebih semarak dan lebih baik kualitas pesertanya, dibanding tahun – tahun sebelumnya, dan lagi ajang ini untuk menjaring para tilawah yang nantinya akan dipersiapkan untuk STQ Tingkat Provinsi NTB, ”harap Sekda.

 

Sementara itu, Ir. Melta, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan selaku Ketua Panitia STQ Pertama KLU mengatakan, banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh panitia, diantaranya mulai dari persiapan pemondokan, Pembukaan dan penutupan, perparkiran, pawai ta’ruf, bidang perlombaan dan acara serta pada bidang yang berkaitan dengan sarana dan prasarana pendukung terhadap berlangsungya STQ tahun ini.

 

Mengenai tempat acara baik pembukaan maupun penutupan,tempat lomba, pemondokan, kesehatan, konsumsi, dan Mengenai pawai ta’ruf serta fasilitas pendukung lainnya yang teknis untuk dapat dipersiapkan secermat mungkin termasuk juga sound system dan pencahayaan.

 

Oleh karena itu, Ir. Melta meminta kepada seluruh anggota kepanitiaan yang telah diberikan tanggung jawab, untuk dapat merampungkan semua item yang menjadi tufoksinya.

 

Nurdin, selaku koordinator penanggungjawab Kafilah yang juga Kasubbag Keagamaan Bagian Kesra Setda KLU mengatakan, cabang yang dilombakan pada pelaksanaan STQ yang Pertama ini adalah ada tiga cabang yakni cabang tilawah, cabang tahfiz dan cabang tafsir dengan delapan golongan.

 

Disebutkan Nurdin, STQ tingkat Kabupaten Lombok Utara kali ini memiliki nuansa yang berbeda. Hal ini disebabkan karena KLU pada bulan September 2016 mendatang sebagai tuan rumah pelaksanaan STQ tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penentuan KLU sebagai tuan rumah ini, menurut Nurdin, didasarkan atas SK Gubernur NTB No.451.14-326 Tahun 2016 tentang Penunjukan Kabupaten Lombok Utara sebagai tuan rumah penyelenggara STQ tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

 

“Kita sudah dua kali menolak sebagai tuan rumah pelaksanaan STQ tingkat Provinsi. Jika saat ini kita menolak lagi, maka tahun depan kita dihadapkan pada kesiapan kita sebagai tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi tahun 2017,”tandas Nurdin.

 

Sumber : (http://lombokutarakab.go.id/v1/berita/704-jelang-stq-pertama-tingkat-kabupaten-pemda-klu-gelar-persiapan)

Komentar atas Persiapan Pemda KLU Jelang STQ Tingkat Kabupaten

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KONTAK AMBULAN DESA

08175762080

Lokasi MEDANA

tampilkan dalam peta lebih besar